Sabtu, 06 September 2014

Laboratorium Terpadu, Perpustakaan, Unit Pelatihan dan Kemahasiswaan STMIK AKAKOM



Pesona hari pertama telah berlalu dan kini menginjak pada hari ke-3. Untuk hari ke-2 dan ke-3 ini saya mendapat banyak penjelasan mengenai beberapa fasilitas dan UKM yang ada di sini.. Apa aja sih ya.. Berikut ini akan saya paparkan.. ;)
 
  • Laboratorium Terpadu STMIK AKAKOM
Kali ini presentasi mengenai Laboratorium Terpadu STMIK AKAKOM disamapaikan oleh Bapak Totok Budioko, S.T., M.T. selaku Kepala Lab. Hardware dan Networking. Dimana Laboratorium Terpadu STMIK AKAKOM berfungsi sebagai tempat kegiatan yang bersifat praktikom, praktek, workshop, proyek, proyek akhir skripsi, pelatihan, sertifikat, dll.


Semua laboratorium digunakan secara bersamaan oleh lima program studi dengan penjadwalan tertentu. Semua laboratorium terintegrasi dalam suatu jaringan dan terhubung ke internet. UPT Laboratorium terdiri atas :
 
  1. Laboratorium Akuntansi
  2. Laboratorium Multimedia
  3. Laboratorium Pemrograman
  4. Laboratorium Komputer Dasar
  5. Laboratorium Aplikasi
  6. Laboratorium Rangkaian Listrik
  7. Laboratorium Interfacing
  8. Laboratorium Internet
  9. Laboratorium Tugas Akhir
  10. Laboratorium Jaringan Komputer
  11. Laboratorium Basis Data


  • Perpustakaan STMIK AKAKOM

Hey yaa.. Saat ini saya ingin memaparkan seputar apa yang sudah saya dengar tadi tentang presentasi seputar Perpustakaan yang dipaparkan oleh Ibu Dara Kusumawati, S.E, M.M. selaku kepala perpustakaan Akakom. Awalnya perpustakaan berada di gedung lantai 2 utara kemudian pindah ke gedung lantai 3 selatan  kemudian pindah lagi ke gedung lantai 3 utara. Tidak beberapa  lama kemudian berpindah kembali ke gedung lantai 3 timur yang masih menyatu dengan gedung perkuliahan. Namun sejak terjadinya bencana gempa bumi Mei 2006, perpustakaan STMIK AKAKOM pindah ke gedung barat lantai satu yang menyatu dengan gedung Laboratorium terpadu hingga saat ini.
Untuk jam pelayanan perpustakaan pada hari Senin - Kamis pukul 08.00 - 16.00 WIB (istirahat pukul 12.00 -- 13.00 WIB). Untuk hari Jum'at pukul 08.00 - 15.00 WIB (istirahat pukul 11.30 - 13.00 WIB)
Disana memiliki berbagai sarana dan fasilitas yang nyaman dan lengkap, dimana juga terdapat ribuan koleksi buku yang sangat bermanfaat terutama untuk menunjang proses belajar kita. Bagi kita para mahasiswa, dosen dan karyawan bebas akses untuk membaca dan meminjam buku di perpustakaan.

  • Unit Pelatihan dan Kemahasiswaan STMIK AKAKOM

Unit pelatihan STMIK AKAKOM disini juga bergerak terjun ke dalam masyarakat langsung dengan memberikan pelatihan” khusus mengenai IT kepada mereka. Dan ada juga Unit Kemahasiswaan dengan programnya yakni meliputi penalaran, minat bakat, organisasi, kewirausahaan, sosial kemasyarakatan dan lingkungan dan kerohanian.
Dalam Struktur KM (Keluarga Mahasiswa) STMIK AKAKOM terdapat beberapa lembaga mahasiswa yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Lembaga Keuangan Mahasiswa (LKM), Lembaga Mahasiswa Otonom (LMO), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Satuan MENWA STMIK AKAKOM masuk dalam Lembaga Mahasiswa Otonom bersama LMO Klinik dan LMO Kopma. Untuk olahraga ada diantaranya UKM sepak bola, UKM bola basket. Dan untu kerohanian ada diantaranya WAMIKA, Eksodus, UKMHD, dll.

Saya pribadi tertarik untuk bergabung bersama keluarga BEM dan HMJ-TI, karena ingin ikut serta berperan menjadikan STIMIK AKAKOM lebih baik lagi dengan mengabdi menjadi bagian dari organisasi yang nantinyapun mampu membuatku lebih mengasah skill ku untuk dapat lebih baik lagi dalam berinteraksi dengan orang banyak, menyikapi berbagai masalah dengan bijak dan masih banyak lagi keuntungan yang dapat aku ambil dari mengikuti oorgnanisasi seperti yang telah aku jalani sejak duduk di bangku SMP dan SMK yakni, OSIS, Pramuka, Paskibra dan PMR.



0 komentar:

Posting Komentar